[Tutorial] Cara Membuat Form Aplikasi Database Menggunakan Microsoft Office Access 2007

                 Form dalam database merupakan salah satu alat menginput data database selain dari tabel. Tujuan membuat Form adalah untuk memudahkan input data database seperti halnya yang dipergunakan dalam aplikasi database menggunakan Microsoft office Access. Teknik membuat form aplikasi database terdiri dari beberapa cara salah satunya seperti yang dibahas pada artikel ini yaitu dengan memanfaatkan form wizard Microsoft Office Access 2007.
        Cara membuat From Aplikasi database menggunakan from wizard dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut, yaitu:
1. Klick kanan create pada menu
2. Klick kanan pada More Form, setelah itu akan muncul empat pilihan yaitu, Form Wizard, Datasheet, modal dialog dan PivotTabel.  Pilih saja Form wizard untuk dipraktekan sesuai bahasan ini.

3. Pindahkan semua data yang ada pada kolom sebelah kiri ke kolom sebelah kanan
4. Klick Next
5. Klick Next
6. Klick Next.
7. Klick Next
8. Klick Next
9. Klick Finish dan akan muncul gambar seperti berikut ini
Setelah melakukan 9 langkah yang diuraikan di atas dengan demikian kita telah selesai melakukan design awal Form aplikasi database. Selanjutnya mendesign letak konten Form supaya agak kelihatan bagus sedikit. Umpamanya kita ingin memindahkan atau menggeser letak Photo disamping kanan. Caranya sebagai berikut, yaitu:
1. Klick kanan Arrange pada menu.
Untuk memindahkan konten, jangan lupa tempatkan kursor terlebih dahulu pada label konten yang ingin dipindahkan agar group tool arrange bisa tampil.
2. Klick kanan dan jangan dilepas sambil menggeser konten tersebut sehingga akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.
3. Klick View untuk melihat hasilnya

Untuk membuat garis pembatas konten data pada form aplikasi database dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut, yaitu:


1. Klick kanan design pada menu
2. Pilih line color. Sebelum memilih line color jangan lupa menempatkan kursor pada label konten agar line color sehingga dapat menghasilkan seperti pada gambar di atas.
Untuk mendesign lebih lanjut aplikasi database untuk menambah kontrol button form database silahkan melihat Di Sini

Semoga bermanfaatkawan :)


0 komentar:

Posting Komentar

: Ayoo sharingg.. :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sponsor

Banner

Ayo kita tukar - tukaran banner : my code banner :
ImagineWorld
and my friend :